WAGUB SUMBAR HARAPKAN BANTUAN LIPI DALAM PENINGKATAN PRODUK OLAHAN

WAGUB SUMBAR HARAPKAN BANTUAN LIPI DALAM PENINGKATAN PRODUK OLAHAN

Sumatera Barat (Sumbar) memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang cukup tinggi, salah satunya kakao. Namun komoditi kakao ini belum dieksplore secara maksimal menjadi produk olahan yang bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas sumatera barat. Persoalan utama terkait komoditi kakao ini adalah rasa pahit coklat yang belum bisa dihilangkan ketika diproduksi menjadi produk pangan olahan. Disamping kakao, banyak komoditas lain yang bisa menjadi pangan olahan, bahkan beberapa sudah diolah oleh UKM lokal namun dalam pemasarannya terkendala kemasan yang masih belum menarik. Dengan penjelasan teknologi pengalengan yang dimiliki LIPI, LIPI diharapkan bisa membantu dalam meningkatkan produk olahan Sumatera Barat termasuk desain kemasannya.

Hal ini menjadi bahan diskusi ketika Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit beserta jajaran Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melakukan kunjungan ke Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPII-LIPI) pada hari Kamis, 14 Maret 2019. Rombongan diterima oleh Pelaksana Tugas Kepala PPII-LIPI Dr.Yan Rianto, M.Eng beserta jajaran PPII LIPI.

Wagub Sumbar tertarik pada penjelasan Plt. Kepala PPII terkait dengan pengembangan “big data” untuk menganalisis potensi sosial ekonomi Provinsi Sumbar. “Dengan big data, kita mampu mengolah dan memanfaatkan data-data yang sangat besar, cepat, variatif, dan kompleks, contohnya untuk mendapatkan prediksi potensi pajak kita bisa mengolah dari data pajak yang masuk ke daerah” ujar Yan Rianto. Namun sayangnya, penerapan Big Data analitik masih belum begitu populer di Indonesia, khususnya di lembaga pemerintahan padahal manfaatnya sangat banyak. Lebih lanjut Yan membuka peluang untuk LIPI bisa bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumbar dalam pengembangan big data.

Setelah diskusi, Wagub Sumbar beserta rombongan meninjau workshop dan gedung pilotplan yang berada dilingkungan kantor PPII. Mereka berharap dari kunjungan ini bisa direalisasikan dalam bentuk kerjasama teknis dengan pihak LIPI. “Bila perlu, kita kirim SDM kita di Sumbar untuk pelatihan disini, sehingga mereka bisa meningkatkan kemampuannya” tegas Wagub Sumbar. (PUT)