INOVASI LIPI DALAM PELAYANAN PUBLIK DIAPRESIASI PESERTA DIKLAT PIM IV KEMENTERIAN KETENAGAKERJAAN

INOVASI LIPI DALAM PELAYANAN PUBLIK DIAPRESIASI PESERTA DIKLAT PIM IV KEMENTERIAN KETENAGAKERJAAN

Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menerima kunjungan peserta Diklat SDM Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Selasa 12 Maret 2019 di Cibinong Jawa Barat. Rombongan berjumlah 34 orang ini merupakan peserta pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV Angkatan XXVI, XXVII dan XXVIII Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Indonesia dan Badan Siber dan Sandi Negara yang bekerjasama  dengan Pusdiklat SDM Ketenagakerjaan.

Plt. Kepala PPII LIPI Dr. Yan Riyanto menyampaikan pengantar dan paparan tentang PPII, baik pengembangan maupun program-programnya. Salah satu fungsi PPII adalah sebagai technology transfer office yang di dalamnya terdapat kegiatan menangani kekayaan intelektual seperti paten, hak cipta, hak merk dan lainnya. Setiap tahun secara berkala PPII mendaftarkan dan melindungi paten-paten dari peneliti LIPI. “Paten itu setiap tahun ada biaya pemeliharaan dan royalti yang diberikan kepada inventor setiap tahunnya” tambahnya.

Dalam sambutannya beliau juga menerangkan tentang layanan yang diberikan PPII seperti pelatihan, konsultasi teknis, peragaan dan informasi. Pengembangan teknologi berupa desain teknologi, purwarupa, manajemen kekayaan intelektual dan konsultasi hukum. Beliau mencontohkan beberapa pengembangan teknologi seperti perusahaan film animasi, produk kemasan dan lain-lain. Layanan lainnya adalah inkubasi bisnis teknologi seperti dukungan teknologi dan manajemen bagi perusahaan pemula berbasis teknologi. Kemudian layanan pendukung lainnya yaitu memberikan fasilitas produksi skala terbatas, ruang kantor (tenan), ruang seminar dan pameran.

Secara struktur pelayanan PPII dapat dibagi menjadi bidang Manajemen Kekayaan Intelektual (MKI) Bidang Inkubasi Teknologi (Inatek), Bidang Alih Teknologi dan Inovasi (Altek) dan Ketatausahaan (TU). Bidang MKI menangani kegiatan fasilitasi kekayaan intelektual seperti pendaftaran, konsultasi atau drafting, analisis potensi kekayaan intelektual, paten drafter, valuasi kekayaan intelektual dan pelatihan paten drafter. Bidang Inatek memfasilitasi pelatihan pengembangan/model bisnis termasuk pendampingan dan coaching saat pra-inkubasi, selama inkubasi, dan pasca-inkubasi bagi start-up dari internal. Bidang Altek meliputi kegiatan permohonan fasilitasi kontrak kerjasama dan inovasi (riset, tenaga ahli, dll), layanan alih teknologi/ lisensi (dari satker ke industri) dan promosi teknologi (bisnis matching, coaching presentasi bisnis dan negosiasi bisnis).

Dalam penerimaan visitasi ini setelah paparan dari Plt. Kepala PPII LIPI dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh Plt. Kabid. Alih Teknologi & Inovasi Chichi Shintia Laksani, S.E, M.E dan Plt. Kabid. Inkubasi dan Teknologi Bukky Suwarno MBA, kunjungan ke ruang display produk, ke gedung workshop dan pilot plant PPII LIPI. Dalam diskusi banyak hal yang dibahas diantaranya seputar pembinaan dan pemberdayaan tenaga kerja Indonesia. (DK Humas PPII LIPI).