PT Angkasa Pura I Jajaki Kerjasama dengan LIPI

PT Angkasa Pura I Jajaki Kerjasama dengan LIPI

Demi peningkatan kenyamanan dan keamanan bandar udara, PT Angkasa Pura I melakukan penjajakan kerjasama dengan LIPI untuk pengembangan teknologi praktis bidang keamanan.

Pada pertemuan yang dilakukan hari Selasa (05/03) di Pusat Pemanfaatan Inovasi dan Iptek (PPII) LIPI, Budi Prawara, peneliti dari Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika (P2 Telimek) LIPI, Purwoko Adi dan Yusuf Nur Wijayanto, peneliti dari Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi (P2ET) LIPI mempresentasikan beberapa teknologi LIPI yang bisa diterapkan untuk meningkatkan keamanan di bandara. Teknologi yang telah dikembangkan oleh LIPI diantaranya sistem robot pendeteksi barang berbahaya dan robot pemadam kebakaran, juga alat pendeteksi benda asing di landasan pacu.

Pada kesempatan yang sama, Oka Mahendra dan Rifki Sadikin, peneliti dari Pusat Penelitian Informatika (P2I) LIPI mempresentasikan teknologi yang telah dikembangkan seperti bidang IoT dan Cloud System.

Pada sesi diskusi, Sugiyana (PT Angkasa Pura I) mengemukakan banyaknya permasalahan di bandara yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan ketidakamanan para penumpang. Permasalahan tersebut diantaranya adalah sistem patroli yang masih manual, kecepatan pesawat di landasan pacu yang belum terukur dan termonitor secara otomatis, sistem drop off dan pick up penumpang yang masih menimbulkan antrian panjang, sistem antrian saat chek in yang panjang dan sistem pemeriksaan penumpang yang masih dilakukan pemeriksaan manual.

Selain itu bandara juga memerlukan adanya alat pendeteksi untuk pengamanan area sekeliling bandara dan akses kendaraan keluar masuk. Melihat berbagai permasalahan tersebut dibutuhkan penelitian dan pengembangan bersama antara LIPI dan PT Angkasa Pura I untuk mengatasi permasalahan dan memenuhi kebutuhan keamanan dan kenyamanan di bandara.

Tindak lanjut dari pertemuan ini, akan segera dilakukan tindak lanjut kerjasama dalam bentuk MOU antara LIPI dan PT. Angkasa Pura I dalam waktu dekat. (S.N)