Murata, Co, Ltd, Tingkatkan Kerjasama dengan LIPI dalam Bidang Kesehatan

Murata, Co, Ltd, Tingkatkan Kerjasama dengan LIPI dalam Bidang Kesehatan

Dalam rangka peningkatan kerjasama antara LIPI dan Murata,Co.Ltd., Jepang dalam beberapa tahun, pada hari ini, Senin (4/3) Murata melakukan kunjungan ke satuan kerja LIPI termasuk Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek (PPII) LIPI.

Dalam kunjungan yang didampingi oleh Peneliti senior Pusat Peneliti Biomaterial LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto, Murata menyampaikan rencana pengembangan alat kesehatan. Dengan rencana bisnis tersebut dimungkinkan terjalin kembali kolaborasi bersama LIPI untuk bidang tersebut.

 

Berbicara mengenai penemuan, LIPI memiliki beberapa invensi produk dalam bidang kesehatan salah satu diantaranya adalah Cervix. Cervix adalah kit untuk mendeteksi kanker serviks. Keunggulan dari pendeteksi penyakit yang notabene telah menjadi momok bagi wanita ini, memiliki keunggulan dibandingkan metoda papsmear yang biasa dilakukan pada dunia medis saat ini. Keunggulannya terletak pada penggunaan sample yang relatif cukup mudah, hanya dengan memakai urine, darah atau ingus cervix dapat mendeteksi adanya infeksi virus HPV dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi. Dengan kit ini, pendeteksian tidak hanya dilakukan pada wanita tetapi juga pada pria yang dimungkinkan menjadi carier virus HPV pada pasangannya. Apabila diketahui adanya infeksi pada keduanya, pengobatan tidak hanya intens dilakukan pada wanita penderita kanker serviks, tetapi juga pada pria yang menjadi pasangannya. Jika pengembangan produk invensi ini dilakukan pada industri, akan menjadi sebuah kemajuan dalam bidang kesehatan khususnya penanganan secara dini bagi penderita penyakit kankers serviks. Diharapkan dengan ini dapat menekan penderita kankers serviks di dunia khususnya di Indonesia.

Pada kesempatan ini, Murata juga diajak untuk melihat workshop yang berlokasi di PPII LIPI. Workshop ini merupakan fasilitas yang dimiliki PPII untuk pengembangan produk invensi.