PRA VISITASI PUSDIKLAT SDM KEMENAKER JAKARTA KE PPII LIPI

PRA VISITASI PUSDIKLAT SDM KEMENAKER JAKARTA KE PPII LIPI

Humas Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) LIPI menerima tamu dari Pusat pendidikan dan latihan Sumber Daya Manusia (Pusdiklat SDM) Ketenagakerjaan Kementrian Tenaga Kerja Jakarta melalui Humas kawasan Cibinong Selasa 26 Februari 2018 di Cibinong Bogor Jawa Barat. Mereka yang mewaliki instansi tersebut adalah Dayan Yusroni, Heru Utami dan Renny Retnowati. Maksud kedatangan diantaranya sebagai survei  berkaitan dengan materi perkembangan inovasi LIPI sebagai bahan rencana kunjungan rombongan diklat yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 12 Maret 2019 yang akan datang.

Berkaitan dengan hal itu Th. Ningsi Astuti (Tracy) didampingi Nur Laili mempresentasikan materi berjudul Pusat Inovasi LIPI (Kawasan Sain dan Teknologi) sebagai awal informasi. Dalam paparannya membahas tentang problem utama daya saing seperti ketergantungan produk impor yang tinggi dan belum ada  dukungan teknologi untuk menghasilkan produk substitusi. Selanjutnya menurut orang yang menjabat sebagai Sub bidang Pemanfaatan Teknologi & Inovasi ini, bahwa yang menjadi hambatan terbesar dalam alih teknologi salah satunya adalah produk teknologi yang dihasilkan masih terkendala perizinan dan sertifikasi disamping perlu upaya untuk menjembatani hasil riset agar dapat dimanfaatkan memperoleh pengakuan.

Selanjutnya beliau menjelaskan bidang-bidang yang ada pada PPII, tentang menejemen kekayaan intelektual dan berbasis online (IP PORT) untuk mendorong alih teknologi. Secara singkat pengenalan tentang kawasan since dan teknologi yang dipaparkan dalam bentuk denah, alih teknologi berbasis start-up, dan pembimbingan start-up (technopreneur) serta memaparkan kegiatan yang dilakukan PPII lainnya.

Dengan adanya sambutan dan pemberian paparan tersebut diharapkan akan dapat memperoleh gambaran bagi tamu survey sebagai bahan materi rencana yang akan datang dan diharapkan kedepan akan dapat menjalin kerjasama diantara kedua instansi.

Sebelum perwakilan survey diterima di ruang presentasi terlebih dahulu mengeksplor ruang display produk yang ada di PPII. (DK. Humas PPII).