LIPI SIAP MELAKUKAN SINERGITAS INOVASI DAN TEKNOLOGI DENGAN BAPPEDA-LITBANG KABUPATEN BOGOR

LIPI SIAP MELAKUKAN SINERGITAS INOVASI DAN TEKNOLOGI DENGAN BAPPEDA-LITBANG KABUPATEN BOGOR

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), sebagai salah satu lembaga riset nasional yang sebagian besar pusat penelitiannya berkedudukan di Cibinong, Kabupaten Bogor, berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan inovasi industri yang ada di wilayah Kabupaten Bogor khususnya UMKM. Oleh sebab itu, LIPI melalui Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Teknologi (PPII) siap untuk melakukan sinergitas inovasi dan teknologi dengan Bappeda-litbang Kabupaten Bogor. Hal ini disampaikan oleh Bukky Suwarno, MBA, Plt Kepala Bidang Inkubasi Teknologi pada saat melakukan audiensi ke Bappeda-litbang Kabupaten Bogor, Hari ini Selasa (26/02).

Tim Bidang Inkubasi Teknologi PPII diterima oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan, Bappeda Litbang Kabupaten Bogor, Drs. Iskandar Zulkarnaen, SE, MSi. Pada sesi diskusi, Iskandar menjelaskan fungsi Bappeda-litbang bukan hanya difusi hasil-hasil penelitian dan inovasi tetapi saat ini mereka menekankan pentingnya membangun jaringan stakeholder penelitian yang ada di Kabupaten Bogor seperti LIPI, badan litbang pertanian, dan beberapa universitas. Diharapkan melalui jaringan ini dapat mengembangkan penelitian dan pengembangan yang memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat.

Terkait dengan UMKM, Bappeda-litbang mencatat di Kabupaten Bogor ada kurang lebih 70.000 UMKM dimana yang aktif hanya sekitar 2000an. Untuk pembinaan UMKM ini, setiap tahun Bappeda-Litbang menyelenggarakan Pekan Inovasi Daerah, dimana para UMKM ini diseleksi untuk mendapatkan pembiayaan pengembangan bisnisnya. Bappeda-litbang mengharapkan LIPI bisa turut serta menjadi bagian dari pengembangan bisnis UMKM Kabupaten Bogor ini. Sementara itu, Bukky menjelaskan bahwa PPII tahun ini memiliki rencana untuk penyediaan fasilitas penunjang produksi UMKM seperti teknologi pengalengan. “Kami mengharapkan sarana dan prasarana yang ada di PPII bisa dimanfaatkan secara optimal oleh UMKM Kabupaten Bogor” ujar Bukky. Pada akhir pertemuan, PPII LIPI dan Bappeda-litbang berkomitmen untuk memindaklanjuti pertemuan ini dengan kerjasama yang lebih konkrit dengan mengidentifikasi kegiatan apa saja yang bisa direalisasikan dalam waktu dekat. (put)