PERLUAS WAWASAN PERKEMBANGAN IPTEK, SISWA SMA IT AULIYA KUNJUNGI PPII-LIPI

PERLUAS WAWASAN PERKEMBANGAN IPTEK, SISWA SMA IT AULIYA KUNJUNGI PPII-LIPI

Hari ini Senin (25/02), Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK LIPI menerima kunjungan siswa siswi SMA Islam Terpadu AULIYA Tangerang, Banten. Kunjungan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa atas perkembangan ilmu pengetahuan teknologi. Rombongan siswa ini mendapatkan penjelasan mengenai analisis big data di media online untuk penginderaan sosial dari Dr. Tr. Lindung Parningotan Manik, Peneliti Pusat Penelitian Informatika.

Perkembangan media online terutama sosial media yang sangat pesat bisa menjadi potensi baru dalam mekanisme survey/pencarian data. Para siswa ini mendapatkan pengetahuan bagaimana mengolah informasi digital termasuk sosial media menjadi sumber big data, salah satu contoh implementasinya adalah dalam survey politik 4.0 yg menggunakan data yg diambil dr internet dan sosial media.

Para siswa ini harus siap dengan revolusi industri 4.0 dimana beberapa pekerjaan akan digantikan oleh mesin/robot. Beberapa diantara mereka bahkan mengungkapkan keinginannya untuk menjadi pengusaha. Ini awal yang baik dalam menanamkan jiwa technopreneurship. Mereka sangat antusias ketika diperkenalkan pada produk hasil penelitian LIPI yang sudah beredar dipasaran.

Rombongan kemudian melakukan kunjungan ke Bio Village Pusat Penelitian Bioteknologi dalam rangka praktek pembuatan media tanam hidroponik. Harapannya siswa ini dapat mengimplementasikan pengetahuan hidroponik ini di lingkungannya. (put)